Museum Wasaka (Waja Sampai Ka Puting)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Museum Wasaka adalah salah satu museum parjuangan rakyat Banua Banjar yang terletak di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin (Google Maps). Museum ini terletak di pinggir Sungai Martapura di bawah jembatan Banua Anyar. Wasaka singkatan dari Waja Sampai Ka Puting yang marupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Salatan.
Museum Wasaka diresmikan tanggal 10 November 1991 oleh gubernur Kalsel saat itu Ir. H. Muhammad Said, bertempat pada rumah Banjar Bubungan Tinggi yang dialihfungsikan dari hunian jadi museum sabagai upaya konservasi bangunan tradisional.
Ada kurang lebih 400 benda bersejarah di museum ini terutama yang berkaitan dengan sejarah perjuangan rakyat Banua Banjar seperti daftar organisasi yang pernah berjuang menantang penjajah misalnya Laskar Hasbullah yang bermarkas di Martapura dan Barisan Pemuda Republik Indonesia Kalimantan yang bermarkas di Banjarmasin.

sumber : http://pulaubanuabanjar.com/index.php/tulisan/baca/11/Malihati-Sejarah-Perjuangan-Rakyat-Banjar-di-Musium-Wasaka (dipetik 17-03-2017 10:27 WITA)

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari