Manaqib K.H. Mahfudz Amin pengasuh pesantren Ibnul Amin Pamangkih

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

 الحمد لله رب االعالمين حمدا يوافى نعمه ويكافىء مزيده ويضاهى كرمه واشهد ان لا اله الا الله الملك الحق المبين واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله النورالمحزون والسرالمصون اللهم فصل وسلم عليه وعلى سائرالانبياء المرسلين وعلى آلهم وصحبهم اجمعين كلما ذكرك الذاكرون وغفل عن ذكره الغافلون وبعد يقول الله تعالى الا ان اولياءالله لا خوف عليهم ولا هم يحزنون الذين آمنواوكانوا يتقون لهم البشرى فى حياة الدنيا وفى الأخرة لا تبديل لكلمات  الله ذلك هو الفوزالعظيم ويقول عز من قائل ان الذين قالوا ربناالله ثم استقاموا تتنزل عليهم الملآئكة الاّ تخافوا ولا تحزنوا وابشروا بالجنة التى كنتم توعدون نحن اولياؤكم فى الحياة الدنيا وفى الاخرة ولكم فيها ما تشتهى انفسكم ولكم فيها ما توعدون نزلا من غفور رحيم.
وفى الحديث القدس : من عادى لى وليا فقد آذنته بالحرب وما تقرب الىّ عبدى بشئ مما افترضت عليه ولا يزال عبدى يتقرب الىّ بالنوافل حتى احبه فاذا احببته كنت سمعه الذى يسمع به وبصره الذى يبصر به ويده التى يبطش بها ورجله التى يمشى عليها ولئن سألنى لأعطينّه ولئن استعاذنى لأعيذنه      الحديث.
K.H. Mahfudz Amin
Bagi masyarakat Kalsel siapa yang tidak kenal beliau, KH. Mahfudz Amin bin Tuan Guru HM. Ramli bin Tuan Guru H. Muhammad Amin adalah putra pertama dari sembilan bersaudara, pasangan Tuan Guru HM. Ramli dan Hj. Sabariah. Beliau dilahirkan di Pamangkih pada malam selasa tanggal 23 rajab 1332 H bertepatan tahun 1914 M di rumah orang tuanya. Beliau diasuh dan dibesarkan  langsung di bawah pengawasan kedua orang tua beliau sehingga menjadi orang yang mulia dan berjasa di tengah-tengah kehidupan.
Pendidikan beliau
Almarhum pertama kali dididik dan dibesarkan di tengah – tengah keluarga yang taat beragama, sebab orang tua beliau yang bernama H. Muhammad Ramli adalah ulama berpengaruh dan dikenal mempunyai ilmu agama yang dalam. Tidak heran kalau di Pamangkih, orang tua dari Tuan Guru HM. Ramli yaitu Tuan Guru H. Muhammad Amin dikenal dengan sebutan Tuan Guru Besar, sedangkan Tuan Guru HM Ramli dikenal dengan julukan Tuan Guru Tuha, karena di tangan beliaulah kata putus dalam berbagai persoalan, baik yang menyangkut bidang agama maupun problem sosial kemasyarakatan lainya.
Dalam usia 6 tahun, almarhum sudah selesai belajar Al Qur’an tahap pertama, di bawah pengajaran langsung orang tua beliau. Pendidikan formal beliau tempuh di Volk School selama tiga tahun di Pamangkih yang kemudian dilanjutkan Vervolk School selama dua tahun di Desa Banua Kupang. Selain itu beliau tidak pernah belajar di sekolah formal lainnya. Untuk selanjutnya beliau menempuh pendidikan non formal berupa pengajian agama yang diberikan oleh orang tua beliau sendiri di samping mengikuti pengajian dengan Tuan Guru H. Hasbullah bin H. Abdurrahim di dekat Masjid Jami Pamangkih. Selain itu beliau juga belajar dengan Tuan Guru H. Muhammad Ali Bayanan dan Tuan Guru H. Muchtar di Desa Negara Kab. Hulu Sungai Selatan.
Berangkat ke Tanah Suci
 Pada tahun 1938 M, saat berusia 24 tahun sesudah  beliau menikah dengan seorang perempuan yang bernama Saudah, puteri dari tuan guru H.M Arsyad di Desa Kali Baru Kec. Batu Benawa Kab. HST. Pada tahun itulah oleh mertua beliau, Mahfudz Amin beserta isteri  diberangkatkan  ke Tanah Suci Makkah untuk menunaikan ibadah haji seraya memperdalam ilmu pengetahuan agama. Karena mertua beliau menilai bahwa Mahfud Amin mempunyai cita cita yang tinggi, bahkan pada waktu itu Mahfudz Amin dapat menjawab satu pertanyan dari beliau yang sebelumnya pertanyaan itu oleh mertua beliau tidak ditemukan jawabannya. Akan tetapi ketika pertanyaan itu dilontarkan kepada Mahfudz Amin pertanyaan itu dapat terjawab dengan benar dan sangat memuaskan. Selama belajar dan menuntut limu di Makkah, guru - guru  beliau antara lain:

العالم العلامة الشيخ محمد ياسين بن عيسى الفادانى
العالم العلامة الشيخ عبد القادر بن عبد المطلب المندلى
العالم العلامة الشيخ ابو بكر بن سليمان جكرتا
العالم العلامة الشيخ محمد احيد بن ادريس البغورى
العالم العلامة الشيخ عبد الخالق فيراك ملزيا
العالم العلامة الشيخ السيد علوى بن عباس الملكى
العالم العلامة الشيخ السيد محمد أمين الكتبى
العالم العلامة الشيخ حسن محمد المشاط
العالم العلامة الشيخ مختار امفانن
العالم العلامة الشيخ عبد الجليل المقدسي
العالم العلامة الشيخ أنع شعرانى بن محمد عارف البنجرى
العالم العلامة الشيخ نوح كلانتان ملزيا
العالم العلامة الشيخ عبد الرحيم كلانتان ملزيا
Dan yang lain-lainnya yang tidak disebutkan disini.
Kembali ke Kampung Halaman
Setelah tiga tahun menimba ilmu pengetahuan di tanah suci, beliau pulang ke tanah air dan tepat pada tanggal 8 Oktober 1941 tiba kembali di kampung kelahirannya. Sejak saat itu beliau mulai mengajar agama sambil terus belajar di samping aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.
Membangun Pesantren
Setelah hampir 20 tahun berkecimpung di masyarakat, bermacam pengetahuan dan pengalaman telah diperoleh, pahit manisnya kehidupan telah dilalui, namun cita-cita ingin menyebarkan dan meninggikan agama Allah tidak pernah pudar hingga pada tahun 1958, fajar cita-cita yang diidamkan mulai terbit bersinar di Desa Pamangkih. Lembaran-lembaran kitab kuning yang mulai sirna kembali cerah dengan berdirinya sebuah Pondok Pesantren yang bernama  “Ibnul Amin", nama ini diambil dari nama kakek beliau yang bernama Tuan Guru H.M Amin. Disamping sebagai tafaulan ( kesan yang baik ) dari makna Al Amin itu sendiri yaitu jujur dan dipercaya, dengan harapan mudah-mudahan generasi yang dididik di Ibnul Amin menjadi generasi yang  jujur dan dipercaya.
Ada beberapa hal yang mendorong KH. Mahfuz Amin membangun Pondok Pesantren ini, diantaranya wasiat dari orang tua beliau sendiri ( Tuan Guru H.M. Ramli ) di mana kata beliau yang sering ditirukan oleh KH. Mahfuz Amin “Ikam di dalam menghadapi pelajaran agama apalagi kuncut pada aku, sama aku haja jangan. Ikam harus bafikir bagaimana caranya agar pelajaran agama lebih maju dari pada yang sudah ada sekarang ini.”
Yang kedua, wasiat dari guru beliau yaitu KH. Abu Bakar bin Sulaiman Tambun Jakarta, ketika beliau berkunjung dan bersilaturrahmi ke Desa Pamangkih dan beliau melihat masih banyak lahan  yang kosong, maka dengan tegas KH. Abu Bakar bin Sulaiman berkata agar supaya dibangun  pondok sekalipun dengan seada-adanya atau sesederhana mungkin.
Yang ketiga, pengalaman beliau ketika belajar di Makkah Al Mukarramah di mana beliau sering menerima masukan-masukan dan cerita tentang pondok pesantren dari teman-teman beliau yang berasal dari pulau Jawa dan Sumatera.
Sebagai langkah awal untuk mewujudkan keinginan dan saran-saran dari guru beliau tersebut dilaksanakanlah musyawarah bersama murid-murid beliau yang berjumlah 17 orang, sehingga dicapai kata sepakat agar cita-cita yang mulia ini segera terlaksana, maka sebagai modal awal telah disetujui masing-masing mengusahakan 5 balik padi  yang hasil penjualannya dibelikan bahan-bahan bangunan.
Dengan modal tersebut dibangunlah 2 buah asrama yang sangat sederhana masing-masing berukuran 3,5 m x 15,5 m dengan  kapasitas 6 kamar ditambah sebuah bangunan  kecil yang difungsikan sebagai dapur tempat santri memasak. Inilah cikal bakal pondok pesantren Ibnul Amin, dan alhamdulillah sebagian bangunan itu sampai sekarang masih dipertahankan keberadaannya dan Insya Allah akan kami lestarikan, sebagai tonggak sejarah awal berdirinya pondok pesantren Ibnul Amin ini. Dan bangunan dimaksud terdapat disebelah utara pesantren ini.
Tidak lama berselang tersebarlah kabar keberadaan  pondok pesantren ini, sehingga para thalabah pun berdatangan yang  tentu saja mengharuskan pondok pesantren "Ibnul Amin “ menambah asrama  dan sarana-sarana yang lain sesuai dengan kebutuhan.
Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 1975 beliau juga membangun pondok pesantren putri untuk mencetak kader-kader muslimah  yang shalehah, karena pada masa itu beliau melihat betapa ketinggalannya kaum hawa dalam pendidikan agama, padahal peran mereka tak kalah pentingnya, sebab merekalah guru pertama dalam keluarga yang turut mewarnai kualitas generasi masa depan.
Keuletan beliau
Almarhum adalah sosok pribadi yang tidak pernah menyerah dalam berjuang, baik saat beliau menuntut ilmu maupun dalam tugas dakwah menyebarkan ilmu pengetahuan dan pikiran-pikirannya.
Kelebihan beliau terletak pada ketekunan dan kerajinan dalam mengulang kaji sendiri (muthalaah) disamping sangat disiplin dengan waktu.
Walau di tengah kesibukan beliau dalam bekerja, karena tenaga dan waktu beliau hampir semua tercurah pada pembangunan dan memajukan pesantren yang beliau asuh, namun tidak berarti tertutup kesempatan menulis satu dua buah buku untuk menunjang pelajaran di pondok beliau. Terbukti ada tiga buah kitab hasil karya tulis beliau yang tidak asing lagi bagi santri, yaitu:
Pertama kitab Tashrif atau dikenal dengan istilah Tasrifan. Kitab yang satu ini adalah pelajaran pokok bagi santri pemula. Dan bentuknya sampai sekarang masih sesuai dengan aslinya. 
Kedua sebagai hasil karya tulis beliau adalah kitab yang diberi nama:
 مـخـتصر حل المعقود فى نظم المقصود
Ketiga hasil karya tulis beliau adalah bernama:  المحلولة فى مختصر المنهج الحمـيدية
Kitab ini adalah pelajaran tentang Ilmu Falaq yang beliau susun dan merupakan ringkasan dari kitab falaq yang besar. Beliau terkenal sangat ahli dalam ilmu yang satu ini, disamping diajarkan kepada santri banyak ulama yang belajar dan berguru untuk memperdalam ilmu falaq ini kepada beliau.
Semangat, keperdulian dan kesungguhan beliau didalam ikut mencerdaskan umat, jauh sebelum membangun pondok pesantren Ibnul Amin ini sudah beliau buktikan yaitu dengan keterlibatan dan andil beliau yang sangat besar terhadap pembangunan sekolah rakyat ( SR ) pada tahun 1951 didesa Pamangkih ini. Beliau adalah sosok pejuang yang pantang menyarah lebih-lebih yang menyangkut kepentingan dan kemaslahatan umat. Ada salah satu suri teladan dari kehidupan beliau yang senantiasa kami jadikan contoh dalam kehidupan dilingkungan pondok maupun diluar pondon yaitu keberhasilan almarhum dalam belajar dikarenakan beliau sangat menghormati ilmu yang didapat dari gurunya, yaitu dengan cara mengamalkan ilmu yang diperoleh itu. Satu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri adalah melalui pondok pesantren ini yang berumur        tahun ini beliau telah berhasil mengembangkan ilmu kepada murid-muridnya sehingga kini telah tersebar dimana-mana.

Kalau dilihat masa beliau belajar, memang relative singkat, 3 tahun di Makkah dan beberapa tahun didalam asuhan orang tua beliau, namun karena kesungguhan didalam menggali ilmu, akhirnya tampaklah keberkahan dan manfaat ilmu yang dimiliki. Beliau sangat menghormati guru-gurunya, karena menurut beliau kalau seseorang sudah menjadi terhormat dalam hidupnya dia tetap dituntut untuk menghormati guru. Beliau selalu menziarahi guru-guru yang masih hidup minimal setahun sekali dan terhadap guru-gurunya yang sudah meninggal beliau ziarahi kuburnya.
Hal lain yang menonjol dari kepribadian almarhum adalah kasih sayangnya dengan para santri. Beliau mengingin kan santrinya rajin dalam belajar hingga berhasil dan pandai menyampaikan ilmunya kepada orang lain. Siang dan malam selalu berada di tengah-tengah santrinya. Kalau ada yang bermain-main, beliau tegur dengan bahasa yang lembut diiringi nasehat yang halus pula. Beliau sangat dikenal dikalangan ulama. Disamping selalu datang berkunjung kepada mereka, tak jarang kesempatan itu digunakan untuk bertukar pikiran, lebih-lebih pada masalah keagamaan. Beliau cukup dekat dengan KH. Hasyim Asy'ari , Jombang serta KH. Abdussomad, mufti kerajaan Pontianak. Beliau mempersilahkan siapa saja pejabat yang mau datang. Kalau mereka ingin memberi donasi untuk pondok, beliau dengan suka menerimanya selama tidak mengikat.
Kepada para kadernya beliau berpesan agar selalu berusaha untuk menghidupkan pondok, bukan sebaliknya untuk mencari penghidupan didalam pondok.
Beliau memang sosok pribadi yang istemewa, istiqamah, disiplin, tawadhu dan disertai semangat ikhlas berkorban, tidak ada keinginan menggapai kemewahan duniawi. Dengan cirri kepribadian yang demikian sehingga untuk kepentingan agama, beliau tidak segan-segan mengorbankan kepentingan pribadinya. Salah satu contoh, beliau tebang kebun cengkeh milik pribadi demi pembangunan pesantren putri. Bahkan selama hidupnya, beliau tidak pernah memiliki kendaraan pribadi.
Demikianlah selama 37 tahun beliau berjuang untuk membangun serta membina Ibnul Amin dan santri-santrinya hari demi hari lembaran hidupnya dihabiskan untuk Li I'laaikalitillah hingga usia senja.
K.H. Mahfudz Amin bersama Abah Guru Sekumpul
Berpulang Kerahmatullah
Keuzuran tampak bertambah, sakit paru-paru beliau makin hari makin parah meskipun pengobatan secara intensif selalu diupayakan.
Dari RSU Banjarmasin, Surabaya bahkan sampai Jakarta. Hingga pada saatnya, hari minggu, jam 08.45 tanggal 21 Zulhijjah 1415 H. atau 21 Maret 1995 beliau menghembuskan nafas terakhir dalam pangkuan anak istrinya dan murid-muridnya, dalam usia 82 tahun 4 bulan 28 hari.
Dikebumikan pada sore harinya dengan diantarkan oleh ribuan umat Islam ke tempat peristirahatan terakhir jam 3 sore dipemakaman umum Pamangkih, berdampingan dengan orang tua beliau KH. Muhammad Ramli.
Dan keluarga Pamangkih berduka, derai air mata tangispun pecah. Para santri seolah tak mampu untuk bicara. Masyarakat terpana karena ditinggalkan sang panutan yang sangat berjasa untuk selama-lamanya.
Beliau meninggalkan sesuatu yang sangat berharga, untuk diteruskan, dipelihara dan dijaga oleh generasi berikutnya. Terlalu mahal rasanya untuk ditinggalkan, terlalu sayang kenangan itu untuk dilupakan.
Semoga Allah menerima segala amal usahanya. Amin Yaa Rabbal 'Almin.

sumber: banjarybtm.blogspot.com/2012/09/manakib-khmahfud-amin.html (06-06-2015 11:48 WITA)

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari