Haul Abah Guru Sekumpul Ke-11: Para Pecinta Rasul Saw Berkumpul

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
MARTAPURA-Lautan manusia mulai memadati Jalan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (10/4/2016).
Ya, mereka datang dari berbagai daerah untuk menghadiri Haul ke-11 Muhammad Zaini Abdul Ghani. Ulama karismatik asal Kalimantan Selatan itu populer disapa Guru Sekumpul, Guru Ijai, Guru Ijai Sekumpul, Tuan Guru dan Abah Guru.
Padatanya jemaah bahkan sudah mulai terlihat di pintu gerbang masuk Jalan Sekumpul, tepatnya di depan Masjid Pascasila di pinggir Jalan A Yani Kilometer 38.
Meski Acara haul baru dimulai setelah Magrib atau sekitar pukul 18.00 Wita, namun sejak siang ribuan orang sudah datang di lokasi haul. Diperkirakan setengah juta orang datang di Haul Guru Sekumpul.
Di tiap-tiap gang di Jalan Sekumpul, warga secara sukarela menyediakan makanan dan minuman gratis bagi para jemaah yang datang dari jauh. Nasi samin dengan lauk kari daging sudah menjadi makanan khas sejak pengajian Abah Guru Sekumpul masih hidup.
Tak hanya di Jalan Sekumpul, di tepi-tepi jalan sekitar Kota Martapura, sejumlah warga juga mendirikan warung gratis bagi para jemaah haul.
Halaman atau emperan rumah toko, halaman toko sampai halaman rumah warga di sepanjang sekitar satu kilometer Jalan Sekumpul, semua dimanfaatkan untuk para jemaaah.
Ya, hampir tak ada celah yang tak dimanfaatkan untuk menyambut kedatangan ratusan ribu jemaah yang menghadiri haul Guru Sekumpul.
Saat azan salat Asar berkumandang, jemaah yang menunggu langsung melaksanakan salat berjamaah di emperan toko dan halaman rumah warga.

sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2016/04/10/berita-foto-lautan-manusia-hadiri-haul-ke-11-guru-sekumpul (dipetik 11-04-2016 13:45 WITA)

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari