Al-Alim al-Allamah KH. Salman Jalil Al-Banjari Pakar Ilmu Falak dan Ilmu Faraidh

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Seorang ulama ternama Al-Alim al-Allamah Salman Jalil adalah pakar ilmu falak dan ilmu faraidh. Pada masa itu, hanya ada dua orang pakar ilmu falak yang diakui ketinggian dan kedalamannya yaitu beliau dan al-marhum KH. Hanafiah Gobet. Selain itu, Salman Jalil juga adalah Qhadi Qudhat Kalimantan dan salah seorang tokoh pendiri IAIN Antasari Banjarmasin.
Pada masa tua, beliau kembali berguru kepada Guru Sekumpul sendiri. Peristiwa ini yang beliau contohkan agar jangan sombong dan lihatlah betapa seorang guru yang alim besar tidak pernah sombong di hadapan kebesaran ilmu pengetahuan, meski yang sekarang sedang menyampaikannya adalah muridnya sendiri (sumber: http://sayyidfajar.blogspot.co.id/2013/10/syeikh-salman-jalil-al-banjari.html ~ 02-11-2015 13:43 WITA).
KH. Salman Jalil Al-Banjari (kanan) bersama Abah Guru Sekumpul (kiri)
Ia adalah salah seorang guru di Madrasah Darussalam, Martapura di tingkat Tsanawiyah bersama-sama dengan 'Alimul Fadhil H. Sya'rani 'Arif, 'Alimul Fadhil H, Husin Qadri, 'Alimul Fadhil H. Salilm Ma'ruf, dan 'Alimul Fadhil H. Seman Mulya.
Sekitar tahun 1936-1937 beberapa alumnus Darussalam termasuk Salman Jalil berangkat ke tanah haram untuk memperdalam kajian Islam di sana. Tujuannya adalah supaya Darussalam memiliki ulama yang ahli di bidang keilmuan tertentu, seperti:

  1. Ilmu Nahwu, Sharaf dan Tasawuf, diwakili oleh KH. Semman Mulya
  2. Ilmu Tajwid dan Qiraat, diwakili oleh KH. Nashrun Thahir
  3. Ilmu Kaligrafi dan hafizh Qur'an, diwakili oleh KH A. Nawawi Marfu
  4. Ilmu Falaq dan Faraidh, diwakili oleh KH. Salman Jalil
  5. Ilmu Fiqh, diwakili oleh KH. Abdurrahman Ismail.

KH. Salman Jalil dimakamkan bersebelahan dengan makam Guru Sekumpul di Komplek Makam Sekumpul yang bersebelahan dengan Mushalla Ar-Raudhah.
(sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Salman_Jalil_al-Banjari ~ 02-11-2015 14:44 WITA)

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari