Kue Lam Yang Nikmat dan Manis

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Kue (wadai) Lam merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Selatan, tepatnya Kabupaten HST (Hulu Sungai Tengah) dengan ibu kota Barabai.
Kue ini konon berasal dari timur tengah dan resepnya diwariskan secara turun temurun. Salah satu yang khas dari kue ini adalah rasanya yang sangat manis karena terbuat dari campuran tepung, telur bebek, margarine dan gula dengan tekstur mirip dengan lapis legit tapi agak padat. Rasa karamel dari gulanya terasa ketika masuk di dalam mulut bercampur dengan gurihnya rasa margarin yang dipanggang sehingga memunculkan rasa yang khas.
Karena bentuknya yang seperti lapis legit, tentu proses pembuatannya sangatlah rumit di mana adonannya harus dimasukkan secara bertahap di atas tungku sehingga memerlukan ketelitian dan usaha keras serta kesabaran dari pembuatnya yang harus melawan panasnya suhu pemanggangan sampai sekitar 3 jam.
Karena kekhasan dari kue lam inilah,tak salah memang jika kue ini kerap dijadikan oleh-oleh ke luar daerah, apalagi daya tahannya tinggi hampir 2 minggu lamanya meski dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Kabarnya, kue ini telah melanglang buana tidak hanya di Indonesia tapi sampai ke luar negeri Lho, ada yang membawa ke Perancis, Jeddah dan bahkan sampai ke Mekkah. Nah, bagi anda yang ingin merasakan manisnya kue Lam ini, anda dapat jalan-jalan ke kota Barabai, Kalimantan Selatan.

sumber: https://12better.wordpress.com/2012/01/08/cerita-manisnya-kue-lam/ (07-07-2015 10:26 WITA)

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari