KH. Muhammad As’ad Ulama Ahli Hadist

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Tokoh ulama ini kelahiran tanggal 1 Januari 1908 di Jatuh, Kecamatan Pandawan, adalah anak dari pasangan H.Muhammad Yusuf dengan Hj.Safiah.
H.Muhammad As'ad rnenurut beberapa kalangan yang sempat mengenal beliau dari dekat, diantaranya KH.Abdul Gani yang rnenyebut beliau sebagai seorang ulama yang konsekuen, tegas dan mempunyai keikhlasan yang tinggi dalam berjuang menegakkan kalimatullah.
Beliau dikenal sebagai spesialis ilmu hadits, yang hafal lebih kurang enam ribu hadits.
Beliau memulai pendidikan Sekolah Rakyat (SR) tahun 1919, kemudian melanjutkan ke Madrasah Ma'ahad Rasyidiyah Khalidiyah tingkat Tsanawiyah tahun 1926, setelah itu mengikuti pendidikan Shalathijah tahun 1930 di Mekkah AI Mukarramah. Dan pada tahun 1933 masuk Darul 'Ulum AI Azhar University Cairo tingkat Qiamul Ali di Mesir.
Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, H.Muhammad As'ad kembali ke kampung halaman untuk mengabdikan diri, yakni menjadi Guru Kepala pada Sekolah Islam Barabai Kota, Guru Kepala pada Persatuan Perguruan Islam (PPI) di Jatuh, Pandawan. Sempat menjadi guru pada Madrasah Mualilimin Barabai. Pernah diangkat menjadi Qadi di Barabai, dan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari di Barabai.

sumber: http://catatansinalinali.blogspot.com/2013/04/kh-muhammad-asad.html (10-03-2015 14:13 WITA)

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari