Nasi Kuning Masak Habang Khas Banjar

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Jika anda pernah jalan-jalan ke daerah Kalimantan Selatan, anda akan menemukan makanan ini sebagai salah satu dari sekian banyak makanan enak di kota Banjarmasin. ya.. tulisan kali ini saya akan menceritakan mengenai Nasi Kuning dengan sambal habang (sambal merah) dan Haruan (ikan gabus) masak habang.
Nasi kuning kerap menjadi makanan khas masyarakat Indonesia. bahkan mungkin bagi mereka yang diluar Indonesia pun dapat dengan mudah untuk membuat Nasi kuning. tidak sulit untuk membuat atau bahkan menemukan makanan ini sebagai jajanan di setiap daerah di Indonesia. seperti halnya Nasi kuning yang biasa kita temukan di pasar-pasar atau restoran, Nasi kuning khas Banjar ini memiliki keunikan yaitu lauk dan sambalnya yang dimasak habang (bumbu merah) dan serundeng atau abon kelapa.
Meskipun terbuat dari habang (bumbu merah), akan tetapi sambal ini tidak terlalu pedas, tetapi yang ada malah rasa yang sedikit manis karena proses pembuatan sambal ini pun ditambahkan gula merah untuk pelezat makanannya. semuanya terbuat dari rempah-rempah alami sehingga rasa yang khas dapat kita rasakan apabila mencicipi Nasi Kuning masak habang ini.
Jika anda berkunjung ke kota Banjarmasin, makanan ini dapat anda temui dimanapun di kota Banjarmasin.

sumber: http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2013/12/17/lezatnya-nasi-kuning-masak-habang-khas-banjarmasin-619631.html (26-02-2015 13:31 WITA)

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari