Pesona Jembatan Rumpiang Marabahan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Bumi Kalimantan telah sekali lagi memiliki jembatan megah. Bagi Kalsel ini merupakan jembatan megah kedua setelah Jembatan Barito. Pedalaman Sungai Barito di sekitar Kota Marabahan Kabupaten Barito Kuala (Batola) kali ini yang mendapat hadiah dari pemerintah berupa jembatan yang megah.Saking megahnya, jembatan yang bernama Jembatan Rumpiang itu, terlihat sangat angkuh di atas gerak lambat arus sungai.
Membentang ratusan meter hingga menyeberang sisi sungai lainnya. Tak pelak lagi, banyak warga Kalsel yang memanfaatkan jembatan ini sebagai objek wisata baru.Selain dapat mengagumi desain jembatan yang cantik, pengunjung juga bisa menyaksikan pepohonan hijau yang membentang di sekitar jembatan. Aktivitas di Sungai Barito pun menawarkan hal menarik bagi pengunjung, terutama bagi mereka yang bosan dengan suasana perkotaan.
Sesekali kapal pengangkut batubara, perahu tradisional serta perahu kecil berupa ‘klotok’ melintas dibawahnya. Ada juga angkutan sungai (sejenis bis air) yang melaju menuju pehuluan seperti Marabahan, Negara, Margasari bahkan Buntok di Kalteng. Bagi yang menyukai petualangan menyusuri sungai hingga pedalaman. Jembatan Rumpiang, selain bisa dijadikan sebagai sarana objek wisata, jembatan ini tentu saja dibangun untuk memudahkan warga menuju Kota Marabahan atau sebaliknya. Karena dulu sebelum jembatan dibangun, warga harus menyeberang sungai dengan menggunakan ferry tradisional di sekitar Sungai Gampa.

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari