Profil Singkat Pon-Pes Darussalam Martapura

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

Sedikit sejarah berdiri PP-Darussalam Martapura yang sudah berusia 100 (seratus) tahun atau 1 (satu) abad.
Pondok Pesantren Darussalam berdiri 14 Juli 1914 di Martapura, Kalimantan Selatan. KH. Djamaluddin, salah seorang Ulama terkemuka pada saat itu adalah pendiri sekaligus pemimpin pertama pesantren Darussalam. Berlokasi di Jl. K.H.M. Kasyful Anwar Pasayangan Martapura, pesantren tersebut memiliki peran penting bagi sejarah perkembangan islam di Kalimantan Selatan. Pesantren Darussalam kemudian menjadi acuan bagi perkembangan pesantren-pesantren lain yang berdiri kemudian, di propinsi tersebut. Sejumlah ulama Indonesia terkemuka berasal dari daerah ini.
KH. Djamaluddin melihat bahwa pesantren merupakan satu upaya terbaik saat itu untuk mengembangkan islam, khususnya di wilayahnya. Setelah beliau meninggal dunia digantikan oleh KH. Hasan Ahmad.

Pada awal berdirinya, pesantren Darussalam tampil dengan system pengajaran tradisional. Materi-materi yang diajarkan terbatas hanya di bidang keagamaan. Begitu pula, bangunan pesantren masih sangat sederhana, hanya untuk pengajaran keagamaan dengan cara halaqah, dimana para murid duduk bersimpuh mengelilingi guru sambil mendengarkan materi keagamaan yang diberikan.
Perkembangan pesantren Darussalam mengalami lompatan besar ketika pesantren dipimpin KH. Kasyful Anwar, ia menggantikan KH. Hasan Ahmad. Dia menjadi pimpinan pesantren dari tahun 1922 hingga 1940. " selengkapnya silahkan baca di www.ponpesdarussalam.com.



Comments

  1. Alamat Website Pondok Pesantren Darussalam sudah beganti jadi http://www.ponpesdarussalam.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas infonya, segera kami perbaiki

      Delete

Post a Comment

Terima kasih pian berkomentar

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari