Sejarah Singkat SMIH Hidayatullah - Martapura

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah didirikan pada tanggal 1 Muharram 1370 H/ 17 Juli 1950 M, oleh tiga putra Martapura, yaitu:

1. K.H. Hasyim Moukhtar El - H (alm)
2. K.H. M. Nashrun Thohir (alm)
3. K.H. Ahmad Nawawi Marfu'
Setelah usianya 32 tahun, Pesantren Hidayatullah di kelurahan Keraton tidak mampu lagi mengembangkan kampusnya. Maka pada tahun 1982 membuka areal baru untuk pengembangannya di desa Bincau Kecamatan Martapura seluas 10,5 Ha. Di atas areal inilah PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH TAMAN HUDAYA dibangun tahap demi tahap, hingga pada tahun 1989 resmi dibuka dan dimulai kegiatan belajar mengajar serta memondokkan santri - santrinya.
Adapun tujuan lembaga pendidikan ini ialah mendidik santri menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, mempunyai wawasan pengetahuan agama dan pengetahuan umum yang luas serta terampil dan mandiri.
Adapun pimpinan umum pertama sekaligus sebagai Murabbi (pengasuh) ialah K.H. Syarkawi Thayib (alm), dan sebagai pimpinan madrasah (Rois) ialah Ust. H. M. Taufiq Shaleh Syukur,setelah beberapa tahun berjalan, Allah memanggil Murabbi K.H. Syarkawi Thayib untuk selama-lamanya dalam kecelakaan pesawat terbang, setelah itu P. P. HIDAYATULLAH TAMAN HUDAYA sempat mengalami kekosongan pemimpin, tetapi pada tahun 2000 Pimpinan Umum Pesantren Hidayatullah Keraton menunjuk K.H. M. Ramli H. A. Samad untuk menjadi Murabbi, disamping memimpin, beliau sekaligus mengajar dan masih aktif smpai sekarang.
Dengan berkembangnya teknologi dan informasi sekarang ini, maka para Pimpinan beserta para Ustadz dan para Alumnus berusaha terus menerus untuk memajukan kualitas pendidikan di P. P. HIDAYATULLAH TAMAN HUDAYA, dan di awal tahun pelajaran 2009/2010 ini para Pimpinan beserta para Ustadz dan para Alumnus bersepakat untuk menjadikan P. P. HIDAYATULLAH TAMAN HUDAYA sebagai Pondok Pesantren yang berbasis teknologi dan informasi.

http://abiturensmih93hidayatullah.blogspot.com/2010/07/abituren-smih.html (22-05-2014 11:48 WITA)
[FOTO: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDvs3o5aYROeD7P-KulgAIJrR4hlg_EDWTAo8XgqprlhHPXPSUbn11CkACdRAqzpxX6CKjUtGGGr0iixsvcWT0S3-Zhyphenhyphen_ObHU1-LuaRLSwaNSO5qN2NQaMnt1umESfRSCcack9EOrdHMg/s260/n132011234730_307.jpg]

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari