Kisah Wafatnya Al-Muhaddits Wal-Mufassir Asy-Syekh Muhammad Sya'rani Arif Al-Banjari

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Syeikh Muhammad Sya'rani bin Muhammad Arif bersama Syeikh Badruddin bin Ahmad Zaini RA.
Disaat gigihnya beliau membaktikan diri untuk menghidupkan agama Allah, akhirnya beliau pun jatuh sakit. Dalam sakitnya, beliau sering memanggil muridnya yang bernama Muhammad Syarwani untuk membacakan beliau surah ar-Ro'd.
Adakalanya ketika sakit beliau tidak nafsu makan, dan yang beliau lakukan hanyalah membasahi lisannya dengan dzikir dan terus berdzikir.
Acap kali dalam sakitnya itu, beliau membacakan berulang-ulang hadits Nabi shollallãhu 'alaihi wa 'alã ãlihi wa shohbihi wa sallam dengan suara yang amat lantang, "man qõla fĩ ãkhiri kalãmihi LÃ ILÃHA ILLÃ ALLÃH dakholal jannah", yang artinya barang siapa yang di akhir hayatnya mengucapkan kalimat "LÃ ILÃHA ILLÃ ALLÃH", niscaya dia akan masuk syurga.
Kondisi beliau semakin hari semakin memuram, hingga akhirnya beliau tidak mampu lagi bangun dari tempat tidurnya.
Namun seminggu sebelum beliau wafat, wajah beliau nampak berseri-seri dan penuh semangat, bahkan beliau mampu bangun dari tempat tidurnya lalu menyuruh agar rumah dibersihkan dan dirapikan. Beliau mengatakan bahwa para guru-guru beliau datang menjenguk.
Lalu beliau pun berpakaian rapi dan duduk seraya berbicara dalam bahasa Arab layaknya orang yang sedang menyambut dan menerima kunjungan tamu.
Pada suatu dini hari, beliau meminta agar lampu-lampu dinyalakan, pintu-pintu dan jendela dibukakan. Beliau berkata bahwa para penjemputnya telah datang, beliau menyuruh anak pertamanya untuk menjemput Syekh Abdul Qodir Hasan dan Syekh Salim Ma'ruf. Lalu setelah mereka datang, ia berwasiat kepada Syekh Salim Ma'ruf agar bersedia untuk memimpin Pondok Pesantren Darussalam sepeninggalan beliau.
Dalam suasana yang mengharukan tersebut, beliau mengajak seluruh orang yang hadir menjenguk untuk membacakan surah Yãsĩn yang dipimpin oleh beliau sendiri. Bahkan pada saat itu beliau sempat menegur bacaan dari salah seorang muridnya yang membaca salah dan terbata-bata.
Akhirnya ketika fajar menjelang, seiring dengan selesainya pembacaan surah Yãsĩn, adzan pun berkumandang menyerukan seruan suci ilahi diiringi senyuman yang terpancar jelas dari wajah beliau, bibirnya melafadzkan kalimat tauhid "lã ilãha illã allãh".

INNÃ LILLÃHI WA INNÃ ILAIHI RÕJI'ŨN

Muhammad Sya'rani bin Muhammad Arif menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 15 Jumadil Ũlã 1390 H. / bertepatan dengan hari rabu, 13 juni 1969 M., pada usia kurang lebih 54 tahun.

» Cerita ini dikutip dari Manaqib Syekh Muhammad Sya'rani yang dibacakan oleh cucu beliau pada haul beliau yang ke-46, di Kampung Melayu, Martapura.
Rabu, 11 maret 2015.

Mudah-mudahan kita dapat mencintai para ulama, dan dikumpulkan di syurga bersama ulama..
Ãmĩn Allãhumma Ãmĩn
sumber: https://www.facebook.com/sholahuddin.vocalsealgamisz/posts/798344903583603:0 (25-03-2015 09:23 WITA)

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari