Sejarah Singkat TVRI Kalimantan Selatan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ


Masyarakat Kalimantan Selatan mulai menikmati siaran TVRI Banjarmasin sejak tahun 1976. Saat itu tayangan programnya terbatas dari acara-acara TVRI Stasiun Jakarta melalui Sistem Komunikasi Satelit Domestic palapa yang dipancar ulang melalui transmisi yang terpasang dikantor telkom Banjarmasin.
Pada saat statusnya sebagai stasiun relay, pada tahun 1982 TVRI Banjarmasin menerima 1 unit mobile production. Mobil inilah yang dimanfaatkan sebagai produksi keliling yang penayangannya tetap disiarkan di TVRI Stasiun Jakarta. Seiring waktu, sejumlah transmisi juga didirikan mulai transmisi berlokasi di Banjarmasin dan Amuntai.
TVRI SPK Banjarmasin dibentuk pada pertengahan tahun 1985 berdasarkan surat Keputusan Direktur Jenderal radio-Televisi-Film Departemen Penerangan RI Nomor : 07/KEP/DIRJEN/RTF/1985 tanggal 18 Mei 1985 Tentang Penunjukkan Pimpinan dan Petugas-Petugas Stasiun Produksi Keliling Banjarmasin dengan Jumlah karyawan sebanyak 18 orang.
Selanjutnya TVRI Banjarmasin sebagai TVRI Stasiun Produksi Keliling (SPK) diresmikan pendiriannya pada tanggal 5 Agustus 1985. Kegiatan produksi lokal sudah bisa dilakukan oleh TVRI Banjarmasin bahkan bekerjasama dengan TVRI Balikpapan, namun untuk penyiarannya masih dilakukan di TVRI Stasiun jakarta.
Berdasarkan Keputusan Menteri Penerangan Republik Indonesia Nomor : 141/KEP/MENPEN/1996 tanggal 22 Mei 1996 tentang Organisasi dan Tata kerja Televisi Republik Indonesia Stasiun Produksi, maka TVRI SPK Banjarmasin berubah statusnya menjadi TVRI Stasiun Produksi (SP ) Banjarmasin. Meski demikian, produksi TVRI SP Banjarmasin masih disiarkan di TVRI Stasiun Jakarta. Bertepatan dengan HUT ke-48 Propinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2001, Status TVRI SP Banjarmasin berubah menjadi Stasiun Banjarmasin dengan uji coba siaran lokal dipancarluaskan (relay) di Transmisi Kandangan dan Amuntai , disusul siaran lokal tunda sehari dengan sistem Playback di Transmisi Kotabaru dan Batulicin setta Transmisi Pertamina Murungpudak Tanjung.


http://www.youtube.com/watch?v=7v10iUbBTwc

Comments

Popular posts from this blog

Figur K.H. Asmuni (Guru Danau) Amuntai

Makam Para Ulama Aulia Habaib Kab. Hulu Sungai Selatan

Manaqib KH. Anang Sya'rani Arif Al-Banjari